Kembangkan Bisnis Aspal, Pertamina Gandeng SK Energy


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan SK (South Korea) Energy Co. Ltd menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk pelaksanaan Feasibility Study Asphalt Oriented Refinery Plant yang direncanakan berkapasitas 1,5 juta ton per tahun.

Pada tahap awal studi, Refinery Unit IV Cilacap direncanakan dipilih untuk pengembangan pabrik aspal dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun. RU IV CIlacap dipilih karena memiliki lokasi yang paling strategis ke pasar domestik maupun tujuan ekspor, di samping telah memiliki pengalaman dalam memproduksi aspal yang dihasilkan dari Lube Oil Complex.

SK Energy sebagai partner bisnis telah memiliki banyak tenaga ahli world class, teknologi, R&D, serta pengalaman produksi aspal berkualitas tinggi (polymer modified asphalt). SK energy saat ini berada di peringkat pertama sebagai eksportir aspal terutama untuk wilayah pasar AsiaTimur.

“Dengan pembangunan pabrik aspal tersebut akan memberikan nilai tambah bisnis bagi Pertamina," ujar Direktur Pengolahan Pertamina Chrisna Damayanto, Kamis (12/12/2013).

Dengan ditandatangani Dokumen Kesepakatan ini maka kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan Feasibility Study Asphalt Oriented Refinery Plant. Apabila diperoleh hasil yang positif dari hasil Joint Feasibility Study tersebut, maka akan ditindaklanjuti dengan pendirian JVC.

Pada 2012, konsumsi aspal nasional mencapai sekitar 1 juta ton atau tumbuh sekitar 26 persen dibandingkan dengan realisasi konsumsi pada 2011 yang hanya sekitar 802.850 ton. Adapun, total kapasitas produksi aspal RU IV Cilacap mencapai sekitar 321.000 ton per tahun.

“Sehingga apabila proyek ini terealisasi, dengan rencana penambahan kapasitas produksi 1,5 juta ton, kebutuhan aspal domestik khususnya dalam upaya menggenjot pembangunan infrastruktur, akan semakin terjamin,” ujarnya. (Adiatmaputra Fajar Pratama)


Terima kasih telah membaca artikel tentang Kembangkan Bisnis Aspal, Pertamina Gandeng SK Energy di blog Belajar Memahami Bisnis Dari Berita Website jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :